.
Perkembangan MS Word 2007
Microsoft kembali meluncurkan
Microsoft Office 2007 bersamaan dengan WindowsVista yang akan hadir di
tengah-tengah masyarakat komputer
dunia.Microsoft Office 2007 adalah versi paling baru dari Microsoft Office bagi
sistemWindows dan juga merupakan produk dari pabrik raksasa Microsoft.
Dahulunya program ini dikenal dengan nama
Office 12 dan pernah dikeluarkan kurang lebih dua tahun yang lalu tapi masih
dalam versi beta. Baru pada tanggal 30 Januri 2007 programini secarea resmi
diliris oleh Microsoft. Office 2007 ini mempunyai fitur yang baru dantampilan
yang sekarang disebut sebagai Fluent User Interface. Kalau pada versisebelumnya
kita biasa menggunakan Menu dan Toolbar maka pada versi 2007 inikeduanya dihapus
dan diganti dengan yang lebih canggih. Ada tiga buah fitur yang adadalam
tampilan Office 2007 yang menggantikan menu dan toolbar yaitu TombolMicrosoft
Office , Quick Access Toolbar, dan Ribbon.
Kelebihan
dan Kekurangan Microsoft Word 2007
A. Kelebihan Microsoft Word 2007
1.
Fasilitas lebih lengkap dari
versi sebelumnya.
2.
Pada tampilan menu ‘INSERT’,
menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang
sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
3.
Terdapat menu ‘REFERENCES’
yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat
cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
4.
Terdapat ‘Office Button’ atau
tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan
fungsi menu file.
5.
Loading lebih cepat dari versi
sebelumnya.
6.
Ukuran file yang dihasilkan
lebih kecil.
7.
Gaya tulisan yang lebih banyak
dan terbaru.
8.
Pengaturan naskah lebih mudah
jika sudah menguasainya.
9.
Dapat membaca semua file dari
semua versi office yang ada.
10.
Terdapat smartart. Yaitu
sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
11.
Terdapat ‘quick acces
toolbar’.
12.
Saat menu utama di klik
langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
13.
Dapat menyisipkan gambar ke
dalam naskah.
14.
Title Bar terletak tepat di
bagian tengah atas.
15.
Mempunyai 7 menu utama yang
terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
16.
Toolbar ditampilkan secara vertical
sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
17.
Dapat mempublish atau memposting
tulisan ke blog.
18.
Sudah mulai ada perkembangan untuk
‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni
Word document, Word template, Word 97-2003 document.
19.
Template yang digunakan sudah mulai
beragam.
20.
Tampilan lebih menarik.
21.
Memiliki preview dari setiap ikon
tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita
kehendaki.
22.
Terdapat fasilitas untuk menggunakan
‘equation’ untuk menulis rumus.
23.
Multi dukungan untuk .NET, Web
(kompatibilitas lebih bagus).
24.
Desain baru yang lebih mengutamakan
kemudahan penggunaan.
25.
Office 2007 dilengkapi dengan
tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek
grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software
gambar lain untuk mengedit foto).
26.
Dilengkapi tool dasar untuk
desktop publishing.
27.
Fitur lebih mudah dieksplorasi
dibanding edisi sebelumnya.
B. Kekurangan Microsoft Word 2007
1.
Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk
mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2. Relatif
berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3. Banyak
fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis
surat.
4.
Installer yang lebih besar.
5.
Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz
(kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar
pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan
1 GB).
6. Minimal
OS Windows XP dengan SP2.
7. Sedikit
lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word
2003.
8. File
yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat
dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9.
Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10. Tab
konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11. Karena
merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari
user.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.Tampilan Jendela MS Word 2007
|
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
0 komentar:
Posting Komentar